ASEAN Students Visit India (ASVI) merupakan program tahunan yang dilaksanakan dengan adanya kolaborasi antara Kementerian Luar Negeri India, Konfederasi Industri India (CII), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia. Pada tahun 2015, sekitar 250 mahasiswa dan pemuda dari sepuluh negara ASEAN dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam diundang dalam program ini.

Dimulai pada tahun 2007, program ini bertujuan untuk mengajak pemuda dan mahasiswa dari Negara-negara ASEAN untuk mempelajari lebih lanjut tentang India modern dalam hal ekonomi, budaya, sejarah, kepemimpinan dan masalah-masalah akademis. Beberapa tahun belakangan Program ini juga berfokus pada membangun pemikiran agar kewirausahaan lebih menarik bagi pemuda, menekankan pada pertukaran bisnis dan akademis di sektor pengetahuan dan industri kreatif.

Tahun 2015 lalu, saat berkunjung ke kantor Kementrian Urusan Luar Negeri india, perwakilan dari pihak India menyampaikan bahwa program ASVI akan menjadi media yang sempurna untuk membangun pemahaman ekonomi dan budaya yang lebih besar antara kedua wilayah Asia yang dinamis. Dalam pelaksanaannya, program ini telah memperkaya pengetahuan peserta, memberikan mereka dengan wawasan baru tentang keragaman yang luas terhadap orang dan budaya India serta beberapa informasi mengenai bagaimana Negara India mengelola berbagai isu yang dimilikinya.

Program ASVI tahun 2015 sendiri pelaksanaannya terdiri dari 3 fase, yaitu fase Pre Departure Training (PDT) selama 3 hari, fase kunjungan ke India selama 10 hari serta fase Re-entry selama 2 hari. Perwakilan Indonesia dalam program ASVI adalah delegasi dari 25 provinsi di Indonesia sesuai dengan kuota yang diberikan.

Tiga hari para delegasi mendapatkan pelatihan di Jakarta sebelum keberangkatan, pelatihan tersebut meliputi kegiatan persiapan fisik dan mental, berbagai materi tentang character building dan leadership, kewirausahaan dan latihan untuk penampilan seni budaya. Selama berada di India, partisipan berkesempatan mengikuti banyak kegiatan dan mengunjungi banyak tempat meliputi institusi pendidikan, kenegaraan, pusat pemerintahan, bisnis dan industry kreatif serta tempat wisata & budaya bersejarah di 3 kota berbeda yaitu Hyderabad, New Delhi dan Agra yang memiliki keistimewaannya masing-masing. Selain itu juga terdapat kegiatan public discussion and presentation mengenai social entrepeneurship dan yang terakhir adalah kegiatan penampilan seni budaya.