Pada interaksi antar negara seringkali tercipta hubungan-hubungan yang berpola kooperatif ataupun konfliktual. Hubungan yang konfliktual tentu saja mengakibatkan kerugian besar dan memberi kontribusi buruk terhadap sejarah peradaban manusia. Oleh karena itu, pola kooperatif seringkali menjadi pilihan suatu negara dalam berhubungan dengan negara lainnya.

Salah satu bentuk usaha untuk membina pola kooperatif ini adalah dengan diplomasi. Memaksimalkan usaha diplomasi memerlukan kekuatan-kekuatan tertentu, baik dalam bentuk hard power atau soft power. Soft power merupakan image-image positif yang dicitrakan suatu negara terhadap negara lainnya melalui ajakan, seruan, pemberian bantuan ataupun juga kunjungan-kunjungan.

Berdasarkan prinsip tersebut maka dilakukanlah pengiriman duta-duta bangsa ke negara lain yang bertujuan untuk semakin meningkatkan citra positif suatu negara. Program Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada (PPIK) adalah salah satu dari program pertukaran pemuda yang diikuti oleh duta kedua negara yang berjumlah 45 orang wakil Indonesia dan 45 orang wakil dari Kanada, dimana kegiatan ini akan dibagi dalam 2 fase yaitu 3 bulan fase di Kanada dan 3 bulan fase di Indonesia.

Program pertukaran ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) masing-masing provinsi untuk memilih wakil setiap provinsi. Publikasi proses penyeleksian diumumkan pada berbagai media, baik majalah dinding di kampus, fanpage di facebook, twitter resmi PCMI, maupun pengumuman di kantor Dispora Provinsi Aceh.

Sebagai pemuda yang terus berproses dan ingin turut mengambil peran serta, saya memberanikan diri untuk mendaftar secara langsung ke kantor Dispora Provinsi Aceh. Seleksi diselenggarakan secara lisan dan tulisan sesuai yang telah distandarisasi oleh pihak Kemenpora Republik Indonesia untuk mendapatkan kandidat terpilih Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Tahun 2014 dari provinsi Aceh untuk dikirimkan ke beberapa program pertukaran, salah satunya adalah PPIK.